Renungan 5 maret 2023 Dibenarkan Karena Iman

 

Dibenarkan Karena Iman
Roma 4:1-5

Roma 4:1-5 adalah bagian dari Surat Paulus kepada Jemaat di Roma yang membahas pentingnya iman dalam keselamatan. Ayat-ayat ini secara khusus membahas bagaimana Abraham dibenarkan oleh iman.

Ayat 1 dimulai dengan pertanyaan retoris: "Apakah yang dapat kita katakan tentang Abraham, bapa leluhur kita, dari segi manusia?" Paulus kemudian menjawab bahwa jika Abraham dibenarkan oleh perbuatan-perbuatan yang ia lakukan, maka ia memiliki sesuatu untuk dibanggakan, tetapi tidak di hadapan Allah.

Ayat 2-3 melanjutkan dengan mengutip Kejadian 15:6 di mana dikatakan bahwa Abraham percaya kepada Tuhan dan itu dihitung sebagai kebenaran baginya. Ini menunjukkan bahwa Abraham dibenarkan oleh iman, bukan oleh perbuatan-perbuatannya.

Ayat 4-5 melanjutkan dengan menyatakan bahwa pembayaran upah kepada seseorang bukanlah suatu anugerah, tetapi merupakan hak yang diperoleh berdasarkan perbuatan. Namun, orang yang percaya kepada Allah dan dibenarkan oleh iman, upahnya dianggap sebagai anugerah, bukan sebagai hak yang diperoleh.

Jadi, dari ayat-ayat ini dapat disimpulkan bahwa Abraham dibenarkan oleh iman, bukan oleh perbuatan-perbuatannya. Paulus mengajarkan bahwa keselamatan datang melalui iman saja, bukan melalui perbuatan. Iman memperoleh keselamatan melalui anugerah Allah, bukan melalui hak yang diperoleh melalui perbuatan. Hal ini merupakan salah satu ajaran penting dalam teologi Kristen.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca selengkapnya disini ya